Kamis, 10 Desember 2009

BAB 2 : MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

A. MENDESKRIPSIKAN LAYANAN World Wide Web (WWW)

Seperti kita ketahui,sudah miliaran web yang terdapat di internet.Bagaiman cara bila kita ingin mencari halaman web?tidak mungkin bila kita membukanya satu persatu.Cara yang paling mudah adalh menggunakan Search Engine.
Kemampuan Internet tidak terbtas dalam mengolah informasi mempunyai sumber daya yang tdk sedikit.

Daftar Sumber daya pada Internet :

1.E-mail :Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat

2. Newsgroup :

Kelompok berdiskusi di Internet. Diskusi sendiri dapat diatur dalam bentuk unmoderated atau moderated. Untuk unmoderated, setiap peserta dapat mengirimkan komentarnya. Sedangkan untuk moderated untuk memasukan komentar harus melewati seorang moderator, moderatorlah yang menyeleksi pesan-pesan yang boleh dimasukkan ke dalam diskusi, baik menyeleksinya atau menyeleksinya terlebih dahulu. Beberapa newsgroup menyediakan layanan mailing list yang dikirimkan melalui e-mail. Dengan tersedianya layanan mailing list ini, maka setiap pesan yang masuk dikirimkan kepada anggota yang terdaftar dalam kelompok diskusi tersebut. Jika diskusi yang terjadi cukup banyak mendapat respon, maka para anggota dapat mengatur periode pengiriman pesan dengan melakukan status digest pada cara pengiriman pesan diskusi ke e-mail yang bersangkutan.


4.Telnet : ( Tele Network) adalah suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang ada di computer Server, adapun cara untuk mengakses computer server tersebut kita dapat menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan missal (putty, winscp, winftp, dll). Atau dapat juga menggunakan terminal yang sudah disediakan oleh windows. TELNET ( Tele Network) artinya Remote login yang dapat terjadi di internet karena da service dari protocol TELNET. Dengan telnet, memungkinkan kita untuk mengakses computer lain secara remote melalui internet. Dalam bahasa yang mudah kita dapat memberikan perintah kepada computer lain baik dalam membuat file, mengedit, menghapus, dan menjalankan suatu perintah hanya melalui computer di depan meja kita. Telnet dapat dipakai dalam mesin berbasis UNIX dan sangat jarang aplikasi Telnet pada mesin berbasis Windows NT/2000. Telnet menggunakan 2 program yang satu adalah client (telnet), dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, Yaitu Software client yang dijalankan pada computer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.

5.FTP (File Transfer Protocol) : File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file
dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam
FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan
layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila
mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar
file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename,
men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

6.Gopher : Protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks.

7.Archie : Fasilitas dalam mencari informasi diantara FTP site di Internet. Pencarian data yang dikumpulkan secara automatik, mempunyai indeks dan file-file secara katalog dalam pelayan Internet. Dikembangkan oleh Universitas McGill.

8.Veronica : Arti istilah Very Easy Rodent Oriented Net-widw Index to Computerized Archives dianggap
berkaitan erat dengan pengertian berikut disingkat dengan veronica. program yang dirancang sebagai solusi dari masalah penemuan sumber daya dalam gopher web berkembang pesat.

9.WAIS (Wide Area Information Servers) : perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilakukan dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari.

10.World Wide Web (WWW) : Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD. WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser seperti Netscape Navigator atau Internet Explorer. Web menjadi pusat kegiatan internet karena Web Pages yang berisi text dan grafik mudah diakses melalui Web Browser, Web menyediakan interface bagi jaringan informasi online terbesar di dunia, dan jumlah informasi ini terus bertambah dengan pesat. Web juga menjadi sistem pengiriman multimedia, karena fitur browser dan browser plug-in extension yang terus bermunculan menyediakan peluang untuk suara, gambar, telepon, animasi 3D dan videoconferencing melalui Net. Browser terbaru juga mengerti bahasa Java yang memungkinkan down load semua aplikasi untuk di-run secara lokal. Dasar format Web adalah dokumen text yang digabung dengan HTML yang bisa mengatur format page serta Hypertext Link (URL) ke page lain. Kode HTML yang umum adalah karakter alfanumerik yang dapat diketik dengan text editor atau world processor. Banyak program terbitan Web yang menyertakan interfage grafis untuk kreasi Web Page dan membuat kode dengan otomatis. Banyak word processor dan program-program yang mengalihkan dokumen ke format HTML. Oleh karena itu Web Pages dapat dibuat oleh user tanpa harus mempelajari sistem pengkodean. Kemudahan kreasi membantu cepatnya pertumbuhan Web. World Wide Web dirancang oleh tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN di Jenewa Swiss tahun 1991.

Protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan padaTCP/IP. Adapun dokumenUpada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language). Dokumen tersebut diletakan di dalam web server (server yang melayanai permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut browser.

Saat ini, Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet.


a. Bidang akademis
Dengan adanya internet, macam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pelajar tidak perlu mencan buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relevan dan lebih up-to-date dapat segera ditemukan. Penggunaan Internet juga memungkinkan diadakannya kegiatan belajar jarak jauh, karena sarana Internet tidak mengenal batasan geografis.

b. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara di mana pelakunya tidak perlu bepergian ke tempat di mana rekan bisnisnya berada. Hal ini disebabkan karena adanya e-Commerce.

c. Bidang keagamaan
Dalam bidang keagamaan, internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi misalnya Isnet (Islam) maupun ParokiNet (Katolik) telah lama beroperasi dan memberikan manfaat yang besar untuk umat. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan secara cepat.

d. Bidang Sosial
Internet memberikan banyak kesempatan untuk kamu yang mempunyai hobi bersosialisasi atau mencari sahabat. Dengan menggunakan e-mail maupun chat room, kamu dapat menjalin komunikasi dengan teman-temanmu di seluruh penjuru dunia dengan biaya yang relatif murah dan dalam waktu yang singkat.

e. Bidang Komunikasi
Kehadiran teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional yang sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga di luar negeri.

f. Bidang hiburan
Internet menyediakan banyak hiburan untuk penggunanya. Kamu dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan Internet, dengan memanfaatkan game server. Kamu yang suka musik juga dapat mendapatkan klip-klip MP3 dari lagu-lagu favorit dengan mudah.

Selain memberikan banyak manfaat positif kepada penggunanya. Internet juga mempunyai dampak negatif. Banyaknya informasi yang tersedia dari berbagai macam sumber, membuat para pengguna internet harus dapat memilah-milah informasi tersebut dengan teliti. karena tidak semua informasi diperoleh melalui Internet terjamin kebenarannya. Salah satu efek negatif penggunaan Internet lainnya, yaitu pembajakan karya intelektual. Para pengguna internet juga akan kehilangan kesempatan bahkan kemampuan untuk secara personal karena adanya kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi melalui Internet.



B. MENGGUNAKAN MENU DAN FASILITAS PADA WEB BROWSER UNTUK MENGAKSES WEBSITE

Web browser merupakan sarana Anda untuk menjelajah Internet, yaitu dunia yang tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Semua kegiatan web browser berlangsung secara elektronik, yaitu mengirim data, berkomunikasi, berbelanja, dan berkirim surat. Web browser memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Mendapatkan informasi yang diminta dan menampilkannya
2. Berinteraksi dengan server
3. Menampilkan dokumen elektronik
4. Download dan upload informasi
5. E-mail
6. Newsgroup
7. Berbelanja secara elektronik
8. Hiburan (games, musik, video)
9. Belajar berbagai literatur keilmuan
10. Berpartisipasi dalam kelompok diskusi

Dengan www, pengguna Internet akan mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan. Dalam buku ini, web browser yang dibahas adalah Microsoft Internet Explorer. Internet Explorer memiliki menu dan fasilitas untuk mengakses website tertentu. Menu yang dimiliki Internet Explorer terdiri dari menu File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help. Terdapat enam bagian informasi yang ditampilkan dalam jendela web browser Internet Explorer, yaitu:

1. Title bar, merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Title bar terletak pada baris kiri paling atas dari jendela web browser.

2. Menu bar, merupakan menu pull-down yang berupa kumpulan perintah-perintah dalam bentuk teks yang salah satu hurufnya digarisbawahi. Fasilitas menu ini akan membantu pengguna Internet (netter) dalam memperoleh informasi. Fasilitas dari masing-masing menu adalah sebagai berikut.

*Menu File, memiliki fasilitas yang berhubungan dengan file atau dokumen, yaitu membuka suatu alamat situs, menyimpan halaman web yang sedang diakses, dan mencetak halaman web.
*Menu Edit, memiliki fasilitas yang berhubungan dengan pengeditan halaman web, yaitu mengopi bagian tertentu dari halaman web dan mencari teks tertentu pada halaman web.
* Menu View, memiliki fasilitas yang berhubungan dengan tampilan web browser, yaitu interface, toolbar, address bar, ukuran teks, dan tampilan source code HTML.
* Menu Favorites, memiliki fasilitas yang berhubungan dengan halaman-halaman yang Anda kujungi. Anda dapat menyimpan halaman-halaman yang paling sering dikunjungi, sehingga ketika akan membuka kembali, Anda tidak perlu mengetik alamat situsnya.
*Menu Tools, sebagai alat bantu dalam mengakses informasi di Internet, misalnya cara pembuatan e-mail dan pengaturan parameter tertentu untuk web browser.
*Menu Help, menu yang memiliki fasilitas bantuan bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan web browser.
Menu Help

Contents and Index sebagai daftar isi menu
pertolongan.
Tip of the Day untuk memunculkan pesan
atau saran setiap hari.
For Netscape Users sebagai bantuan untuk
pengguna yang menggunakan web
browser Netscape.
Online Support untuk melakukan online
yang mendukung.
Send Feedback untuk mengirim umpan

balik.
About Internet Explorer untuk mengetahui
informasi tentang Internet Explorer.

3. Toolbar, merupakan kumpulan perintah yang terdiri dari gambar atau ikon yang digunakan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses informasi di Internet. Umumnya, fasilitas yang disediakan pada toolbar digunakan untuk pengelolaan terhadap dokumen yang sedang dibuka


Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Forward untuk menuju ke halaman berikutnya yang aktif

Stop untuk menghentikan proses akses website

Refresh untuk memproses ulang akses suatu website tertentu.

Home untuk kembali ke halaman utama (homepage).

Search untuk mencari website lain.

Favorites untuk mengakses website favorit.

Media untuk mengakses website yang berisi media, seperti musik dan video.

History untuk melihat kegiatan akses Internet yang dilakukan berdasarkan tanggal atau hari.

E-mail untuk mengakses e-mail melalui Microsoft Outlook.

Print untuk mencetak halaman homepage.

Edit untuk melakukan pengeditan.

Discuss untuk melakukan diskusi melalui Internet.

4. Address bar, merupakan tempat untuk mengisikan alamat URL suatu website. Address bar memiliki tiga fungsi, yaitu:
*Tempat menuliskan alamat URL website yang ingin dikunjungi.
* Tempat untuk menampilkan alamat URL dari suatu website atau link yang sedang dibuka.
* Sebagai fasilitas untuk melihat alamat-alamat web yang pernah dikunjungi sebelum

5. Workspace, merupakan ruangan untuk menampilkan halaman atau informasi dari suatu website yang sedang dibuka. Untuk informasi dan halaman yang tidak mencukupi workspace, secara otomatis workspace akan menyediakan scrollbar vertikal dan horizontal. Anda dapat melihat informasi yang tidak tampil dengan cara menggeser scrollbar.

6. Status bar, merupakan tempat untuk menampilkan informasi status halaman web yang sedang dibuka. Status bar akan menunjukkan proses membuka dokumen suatu halaman web (progress) dari web browser ke web server, misalnya menunjukkan status link. Pada posisi halaman web yang telah terbuka dengan sempurna, status bar akan menunjukkan Done.


C. URL dan Homepage

URL (Uniform Resource Locator) adalah sebuah alamat yang menunjukkan rute atau jalur ke file atau fasilitas Internet yang lain pada web. URL diketikkan pada web browser untuk mengakses file atau fasilitas suatu situs web. Misalnya, Anda akan membuka file Soal Latihan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada situs SMA Negeri 1 Telaga, URL yang diketikkan pada alamat web browser adalah http- / / www.sman1telaga.com / soal/ tik.pdf.

Homepage adalah halaman pertama atau halaman depan dan suatu website. Secara default, halaman web suatu website, biasanya, adalah index.html, index. php index.htm, dan default.htm. Namun, dalam mengetikkan alamat suatu situs, misalnya www.smun47-jkt.sch.id, yang pertama kali tampil adalah halaman depan atau halaman pertama yang disebut sebagai homepage. Jadi, URL terletak setelah homepage.


D. Hypertext dan HTML

Pada saat Anda mengetik alamat situs atau website pada kotak Address, secara otomatis di depannya ditambahkan http://. HTTP (HyperText Transfer Protocol) merupakan protokol untuk mendownload file ke komputer. Protokol im berbasis hypertext. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di Internet. Hypertext adalah dokumen online dalam bentuk tulisan atau gambar dan berhubungan dengan dokumen lainnya.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan, yang disebut dengan SGML. HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML merupakan standar Internet yang saat ini dikendalikan oleh world wide web consortium (W3C).


E.Situs yang melayani search engine

Search engine atau mesin pencari adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh beberapa situs yang ada di dunia, yang dijalankan melalui web browser. Dengan t'asilitas search engine, para netter atau penguna Internet dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan. Search engine menyimpan miliaran halaman web yang merupakan database dari situs seluruh dunia.
Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik. Situs yang melayani search engine di antaranya adalah:
• www.yahoo.com
• www.google.com atau www.google.co.id
• www.live.com
• www.altavista.com
• www.infoseek.com
• www.lycos.com
• www.excite.com
F.Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi di Internet

Penggunaan search engine sangat mudah dilakukan, yaitu dengan mengetikkan kata kunci untuk informasi yang akan dicari. Situs search engine yang paling populer adalah google.com. Berikut ini cara menggunakan search engine pada google.com.

• Aktifkan browser Internet Explorer.

• Pada kotak Address, ketik www.google.com atau www.google.co.id, kemudian tekan tombol Enter atau klik Go.

• Pada kotak Search, ketik kata kunci untuk informasi yang akan dicari, misalnya jaringan+internet.

• Tekan Enter atau klik tombol Search Google.

• Kemudian situs Google akan menampilkan halaman link yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

• Pilih link untuk informasi yang dibutuhkan dengan cara klik pada link . Pada umumnya, file yang Anda temukan adalah file dalam
Gbertanda format HTML. Sebenarnya, banyak sekali file selain format HTML yang didapat melalui Google. Misalnya, untuk mencari file Internet dengan format pdf di Google, Anda dapat mengetikkan pada kotak Search: Internet filetype:pdf.

G. MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH

Menyimpan, Mendownload, dan Mencetak Informasi dari Web Browser
Informasi yang didapat melalui Internet, baik informasi dari suatu situs tertentu atau informasi yang didapat dari search engine, perlu dilakukan pengelolaan lebih lanjut. Jika informasi tersebut penting atau memang dibutuhkan, segera simpan dalam format HTML atau salin teksnya, kemudian pindahkan ke dokumen Microsoft Word atau langsung dicetak. Pengelolaan yang baik dapat membuat penghematan dalam mengakses Internet. Dengan menyimpan, mendownload, atau mencetak langsung saat mendapatkan informasi, merupakan langkah yang bijak untuk menghemat biaya akses Internet.


A. Menyimpan Informasi
Menyimpan informasi yang didapat dalam suatu halaman web sangat perlu dilakukan. Anda dapat menyimpannya ke media penyimpanan, seperti: harddisk, USB flashdisk, atau media penyimpanan lainnya. Halaman web yang berisi informasi dapat kita simpan dalam format sebagai berikut.

1. HTML
Bentuk HTML dapat dibuka kembali pada keadaan offline. Berikut uraiannya.
• Klik menu File.
• Klik Save As.
• Pilih direktori atau folder penyimpanan pada kotak Save in.
• Pada kotak Save as type, tentukan jenis file penyimpanan, misalnya Web Page, complete (*.htm, *.html).
• Ketik nama file pada kotak File name.
• Klik Save.
Selanjutnya, akan dilakukan penyimpanan ke dalam format HTML. Dokumen tersebut berisi teks dan gambar beserta link ke dokumen lainnya. Dokumen HTML ini dapat dibuka kembali tanpa harus online di Internet.


2. Mengopi ke Microsoft Word

Penyimpanan informasi dengan format halaman web atau HTML secara lengkap membutuhkan ruangan yang cukup besar karena semua format yang terdapat dalam HTML akan disimpan seluruhnya. Akan tetapi, jika informasi yang dibutuhkan hanya berupa teksnya saja, Anda dapat mengopi bagian teks tersebut ke Microsoft Word. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan.
• Blok teks yang dibutuhkan.
• Klik menu Edit.
• Klik Copy.
• Aktifkan aplikasi Microsoft Word.
• Letakkan kursor pada dokumen Word.
• Klik menu Edit.
• Klik Paste.



H. MELAKUKAN DOWNLOAD FILE DAN MENENTUKAN LOKASI PENYIMPANAN

Informasi yang diperoleh dalam suatu situs dapat langsung dicetak atau disimpan dalam dokumen HTML maupun dalam dokumen seperti Microsoft Word. Selain itu, beberapa situs memberikan layanan informasi yang dapat didownload oleh para netter atau pengguna Internet. Download adalah mengambil file secara utuh melalui suatu web server. File tersebut bermacam-macam bentuk, di antaranya:
• dokumen Microsoft Word dengan ekstensi .doc,
• dokumen gambar bitmap atau vektor dengan ekstensi .jpg dan .bmp
• dokumen Acrobat Reader dengan ekstensi .pdf.

Download dapat dilakukan terhadap situs yang tidak memberikan fasilitas download dan ada beberapa situs yang tidak memperbolehkan filenya didownload. Untuk melakukan download, Anda dapat melakukan cara berikut ini.


1. Pengambilan Gambar Bitmap dari Halaman Web

Informasi yang dapat diambil dari halaman web tidak saja berbentuk teks. Kita dapat mengambil gambar-gambar bitmap dan animasi berekstensi .gif yang ada pada halaman web untuk disimpan ke harddisk atau menjadikannya wallpaper (background) komputer. Berikut langkah-langkah mengambil gambar halaman web.
• Aktifkan web browser Internet Explorer
• Buka halaman web yang memiliki gambar bitmap.
• Klik kanan pada gambar yang terdapat pada halaman web.
• Klik Save Picture As, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Save Picture


Gambar 8. Menyimpan gambar bitmap dari web

• Pada kotak dialog Save Picture, tentukan:
- Direktori penyimpanan file pada kotak Save in.
- Nama file pada kotak File name.
- Jenis file yang akan disimpan pada kotak Save as type.
• Klik Save.


2. Fengambilan Gambar Animasi Flash
Banyak gambar menarik yang dapat dimanfaatkan dari halaman web. Beberapa gambar ada yang dibuat dengan software animasi flash dengan ekstensi swf. Untuk memunculkan gambar animasi flash, web browser yang digunakan juga harus sudah dilengkapi plug-in flash player. Gambar-gambar animasi flash biasa digunakan untuk software-software media pembelajaran jarak jauh (distance learning).
Teknik pengambilan gambar animasi flash sangat berbeda dengan pengambilan gambar format bitmap, jpg, dan gif. Berikut uraiannya.

• Aktikan situs yang menyediakan gambar animasi flash, misalnya situs www.e-dukasi.net.
• Klik menu View.
• Klik Source, kemudian akan ditampilkan kode sumber pada jendela Notepad.
• Klik menu Edit.
• Klik Find, kemudian akan ditampilkan kotak dialog Find.
• Ketik teks .swf pada kotak isian Find what.
• Klik tombol Find.
• Blok nama file dengan ekstensi swf yang ditemukan, misalnya f69.swf
• Klik menu Edit.
• Klik Copy.
• Klik Go atau tekan Enter, kemudian akan ditampilkan animasi flash dalam halaman web, seperti tampak pada gambar di bawah.
• Klik menu File.
• Klik Save As, kemudian tampil kotak dialog Save Web
• Ganti nama file _ (garis bawah) menjadi . (titik), contohnya f69_swf menjadi f69.swf.
• Klik Save.
• Kemudian simpan kembali, jangan lupa ubah Save as type menjadi Web Page, HTM only.



I. MENGIDENTIFIKASIKAN ELEMEN-ELEMEN DALAM DOKUMEN HTML

Untuk membangun suatu situs atau halaman web , terlebih dahulu harus mengerti HTML.
HTML Terdiri dari tag-tag yg mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing.Tag adalah kode yg berada diantara tanda <>. bentuk umum dari suatu Tag diawali dengan <>,kemudian teks yg akan dimasukkan ,dan diakhiri dgn . Tag-tag tsb ditulis secara berpasangan . saat program browser menampilkan suatu halaman web.browser tsb akan mencari tag pembuka,kemudian menampilkan teks dengan bentuk yg sesuai dgn definisi dari tag tsb. dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya .

elemen dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dgn tag ,, dan , berikut tag-tag pasangannya. setiap dokumen terdiri atas tag head dan body.Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tsb dan elemen body berisi teks yg sebenarnya., tersusun stas link,grafik,dan lainnya.dokumen web dibagi menjadi 2 ,yaitu: section head dan section body.

contoh




..informasi mengenai html


..informasi yg di tampilkan dalam halaman web



setiap dokumen harus diawali dgn menuliskan tag dan di akhir dokumen.tag ini menandai elemen HTML.dalam satu dokumen hanya ada satu elemen HTML.

Section atau elemen head ditandai dgn menuliskan di awal dan tag di akhir.section ini berisi informasi mengenai dokumen HTML.minimal informasi yg dituliskan dalam elemen ini adalah berjudul dari dokumen.judul ini akan ditampilkan pada caption bar dari window browser, ditandai dgn menggunakan tag

Section atau elemen body ditandai dgn tag di awal dan tag di akhir..section body merupakan elemen terbesar dalam dokumen HTML.Elemen ini berisi dokumen yg akan di tampilkan pada browser , meliputi paragraf,grafik,link,tabel,dan elemen lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar