Kamis, 10 Desember 2009

BAB 1 : PERANGKAT KERAS DAN PENYEDIA LAYANAN YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET

LAYANAN YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET

A.KONSEP INTERNET

Internet merupakan kumpulan jaringan dari jaringan komputer yang terdapat diseluruh dunia.internet juga salah satu solusi luar biasa yang pernah diciptakan manusia. Sebagai analogi, internet seperti sebuah kata yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat untuk mengirim sesuatu.

1. SEJARAH INTERNET

Perkembangan itu terjadi pada :

1960, Ilmuwan komputer melakukan riset untuk menghubung beberapa sistem dalam jaringan.

1969, APARNET telah berhasil menghubungkan UCLA , University of California di Santa Barbara , University of Utah dan Standford Research Institute.

1975, Pengaturan internet dialihkan ke U.S Defense Communications Agensy.

1979, USENET mulai menawarkan system konferensi secara broadcast dari newsgroup.

1981, BITNET mulai menawarkan e-mail dan daftar server untuk distribusi informasi. CSNET menawarkan dial-up service untuk e-mail.

1982, TCP/IP menjadi standart untuk komunikasi pada jaringan APARNET.

1983, MILNET dan DDN memisahkan diri dari APARNET.

1984, Diperkenalkan sitem domain Server Name (DSN).

1988, Robbert Morris, Jr. Mengeluarkan ” WORM ” untuk pertama kali untuk internet.

1990, CERN ( The European Particle Physics Laboratory In Switzerland) mengembangkan WWW.

1993, Presiden Clinton menjadi persiden pertama yang menggunakan pengiriman surat elektronik dalam alamat e-mail presiden@whitehouse.gov.

1994, Digital video dan audio ditransmisikan internet.

2. PRINSIP KONEKSI

Network adalah suatu jaringan yang terhubung dengan komputer lain jika komputer itu berada dalam suatu jaringan.Jaringan sederhana adalah hubungan suatu komputer dengan komputer yang lainnya. Sedangkan Jaringan kompleks adalah jaringan yang saling terhubung dengan jaringan-jaringan yang sederhana.

Cara memanfaatkan layanan internet :

Dengan menggunakan ISP yaitu sebuah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, organisasi dapat memanfaatkan layanab internet.

3. Kegunaan Internet

a) Informasi yang diperoleh labih cepat dan murah dengan aplikasi.

b) Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.

c) Sebagai media informasi

d) Komunikasi interaktif

e) Sebagai alat research dan development

f) Pertukaran data

4. Pertumbuhan Internet

Pertumbuhan internet berjembang sangat cepat, yaitu :

a) 3 juta host sudah terkoneksi 1994

b) Populasi 30 juta pengguna

c) Pertumbuhan 10% tiap bulan

d) 100 juta pengguna tahun 1998

e) E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis

B. MENDESKRIPSIKAN FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DUGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET

Terdapat beberapa cara untuk terhubung dengan internet yaitu gelombang radio, saluran TV kabel, jaringan telepon atau telepon genggam media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP adalah sebuah protokol TCP/IP yang umum untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.

1. Perangkat komputer pribadi (Personal Computer)

PC merupakan perangkat keras yang paling utama dalam sebuah koneksi internet. Spesifikasi minimal computer yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu seperangkat computer dengan processor Pentium atau setarana minimal Pentium 133 MHz, didukung RAM berkecepatan 32 MB dan harddisk berkapasitas cukup besar yang diperlukan untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan inernet

Fungsi utama koneksi ke internet adalag seperangakat komputer dengan spesifikasi ke internet tertentu yang mendukung untuk akses internet.Contoh spesifikasi perangakt komputer yaitu :

· Motherboard : DFI

· Processor : Pentium 4 dari Intel

· Memory : 512 MB

· Hard disk : SATA 80 GB

· Vga card : ATI RDEON 128 MB

· Optical drive : DVD-ROM Combo

· Floppy drive : Generic 1,4 MB

· Keyboard+mouse : Generic

· Casing+power supply : Aibo 480 Watt

· Operating System : Windows XP Profesinoal Edition

· Sound Card : Onboard

· Monitor : Philips Flat 17 inch

2. Modem ( Modulator demodulator )

Modem adalah perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet , khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.

Terdapat 2 jenis :

Eksternal : Modem yang terpisah dari perangkat computer / terbentuk perangkat

tersendiri

Ø Internal : Modem yang tergabung dengan bagian dalam komputer.

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

Jenis Modem Berdasarkan Fisiknya

Seperti tergambar dari namanya, perangkat modem eksternal berada diluar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

Berbeda dengan modem eksternal, modem internal terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. Namun demikian, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.

Jenis Modem Berdasarkan Kategorinya

Modem Dial-Up

Modem 300 bps(1960-1983). Mempergunakan protokol Bell 103 dan V.21, serta dimodulasi dengan teknik modulasi FSK untuk mengirim data, dan pada sistem ini bit-bit digital(0 dan 1) diterjemahkan ke dalam bunyi(sounds) yang bisa dikirim melalui jalur telepon.

Modem 1200 bps, mempergunakan protokol Bell 212A dan V.22 serta dimodulasi dengan menggunakan teknik modulasi PSK untuk mengirim data.

Modem 2400 bps, mempergunakan protokol V.26 atau V.22bis serta dimodulasi dengan menggunakan teknik modulasi PSK atau QAM untuk mengirim data. Kecepatan yang bisa dicapai adalah 2.400 bps dengan fallback rate 1.200 bps.

  1. Modem Dial-Up
  2. Modem DSL
  3. Modem ADSL

Kelebihan modem Internal

  • Lebih hemat tempat
  • Harga lebih ekonomis dari modem eksternal
  • Lebih ringkas todak memerlukan banyak kabel.

Kelemahan dari modem internal :

  • Sulit untuk memantau status modem
  • Menggunakan tegangan tersendiri

Kecepatan sebuah modem bervariasi yaitu :

  • 300 bps - 56.6 kbps
  • 14.4 kbps – 56.6 kbps
  • 30 kbps – 45 kbps

Cara menginstal dan setting modem pada Windows XP yaitu :

  • Pastikan dalam komputer sudah terinstal sistem operasional Window XP dan berjalan dengan baik.
  • Pastikan bahwa sudah terpasang sebuah modem pada komputermu.
  • Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai minimal sebuah saluran telepon.
  • Hubungkan modem ke dalam komputer kamu dengan saluran telepon.
  • Nyalakan komputermu
  • Klik tombol start pada taskbar lalu pilihih Network and internet connections.
  • Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Network and Internet Connections. Klik Connection
  • Kemudian klik Network Connections kemudian klik Create a New. Connections pada network taks
  • Lalu muncul New Connections Wizard lalu tekan Next
  • Selanjutnya pilih Network Connections Type lalu klik Next.
  • Lalu ubah nama ISP dan masukan nomor telepon lalu tekan Next.
  • Masukan User name, Password, dan Confirm password lalu tekan Next dan Finish.

3. Saluran Telepon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.
Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modemdial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel

4. Perangkat Lunak ( Software )

Secara umum baik komputer server maupun di komputer pengguna bisa terdapat perangkat lunak yang sama. Dengan pertimbangan tertentu, ada perangkat lunak yang cuma berada di server atau di pengguna dan sebaliknya.

Demi mudahnya mari kita susun Perangkat Lunak untuk pengguna terlebih dahulu:

Sistem Operasi.

Pilihan untuk sistem operasi adalah:

  • Berbasis Windows
  • Berbasis Linux

Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Windows adalah sistem operasi yang populer dan dikenal oleh banyak orang namun harga dan model lisensinya termasuk mahal dan merepotkan. Belum terhitung kerepotan yang ditimbulkan oleh gangguan Virus dan Malware. Sementara sistem Operasi Linux, walaupun terkenal sebagai sistem operasi yang tangguh, aman dari virus, lisensi yang memberikan kebebasan bagi penggunanya, namun tidak semua pengguna familiar dengan penggunannnya sehingga membutuhkan perhatian dan layanan lebih ke pengguna.

Kecuali jika anda berniat memberikan layanan Game Center, maka pilihan satu-satunyanya adalah menggunakan Sistem Operasi berbasis Windows. Dari sisi bisnis, keduanya mampu menopang usaha warnet. Sebab dari pengamatan terhadap pelaku bisnis warnet, pemilihan sistem operasi tidak selalu menentukan kesuksesan sebuah warnet.

Perangkat Lunak Internet

Perangkat Lunak yang utama tentunya adalah browser. dengan browser-lah sebagian besar aktifitas di internet dilakukan. Pilihan untuk browser adalah:

  • Internet Explorer ( Windows )
  • Mozilla Firefox ( Windows dan Linux )
  • Opera (Windows dan Linux )
  • Google Chrome ( saat ini baru tersedia versi Windows)
  • Apple Safari ( Windows )

Dari berbagi pilihan browser di atas, yang paling populer saat ini di warnet adalah: Mozilla Firefox. Penulis juga menyarankan agar warnet menggunakan Browser ini dan menjadikan browser lain sebagai cadangan. Internet Explorer tidak di sarankan, banyaknya masalah keamanan yang ditimbulkan oleh Internet Explorer membuat banyak warnet lebih memilih browser lain.

Perangkat Lunak berikutnya dalam kategori Internet adalah perangkat lunak Messaging, kegunaan perangkat lunak ini adalah untuk saling bertukar pesan pendek. Layanan yang populer adalah: Yahoo Mesengger (Yahoo IM), MSN, Gtalk. Baik Yahoo IM, MSN maupun Gtalk memiliki perangkat lunaknya masing-masing dan dapat di install ke komputer pengguna. Kita juga dapat memanfaatkan perangkat lunak messaging yang dapat terkoneksi ke beberapa layanan sekaligus seperti Pidgin. Selain diakses melalui perangkat lunak tersendiri, layanan Yahoo IM, MSN dan Gtalk juga dapat di akses melalui web seperti Meebo.

Diluar kedua jenis perangkat lunak di atas, ada baiknya di komputer pengguna juga di install beberapa perangkat lunak kategori internet, misalnya: FTP Client, namun hal ini bukanlah prioritas. Yang prioritas adalah: Browser dan Messaging.

E. Internet Service Provider ( ISP )

Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP)) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem ("dial-up") dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu "on", namun lebih mahal . ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Berbagai jenis ISP :

  1. Dial-up
  2. hotspot
  3. mobile access
  4. wireless
  5. dedicated connection

C. MENDESKRIPSIKAN PERAN INTERNET SERVICE PROVIDER

( ISP )

Terdapat berbagai layana yang disediakan oleh ISP untuk mengakses internet yaitu :

*Dial-up

Merupakan layanan internet yang disediakan untuk para pengguna yang ingin mengakses internet melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.

*Hotspot

Merupakan layanan untuk para pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mal, kafe, dan bandara. Ini biasa digunakan oleh notebook yang di dukung dengan Wi-fi.

*Mobile Access

Merupakan salah satu layanan akses internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam, sehingga dapat digunakan internet dimana pun kita berada selama masih dalam daerah cakupan dari operator telepon genggam ( handphone ).

*Wireles

Merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel. Teknologi ini cukup berkembang akhir-akhir ini, mengingat biaya yangdibebankan hanya biaya koneksi internet dan kamu dapat terhindar dari biaya telepon.

*Dedicated Connection

Layanan yang digunakan untuk mengakses internet melalui fiber optic, jaringan TV kabel, satelit, dan telepon rumah.Layanan ini digunakan di rumah, perkantoran, serta warnet terdapat beberapa komputer yang umumnya menggunakan internet dengan jumlah waktu yang lama setiap harinya.

D. MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD

Kata sandi (Inggris: password atau passphrase) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya). Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Idealnya, kata kunci merupakan gabungan dari karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang tidak dapat (atau susah) ditebak oleh para intruder sistem atau jaringan. Meskipun begitu, banyak pengguna yang menggunakan kata sandi yang berupa kata-kata yang mudah diingat, seperti halnya yang terdapat dalam kamus, ensiklopedia (seperti nama tokoh, dan lainnya), atau yang mudah ditebak oleh intruder sistem.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar